Sabtu, 15 September 2018

Cara Mudah Belajar Membuat Artikel

Cara Mudah Belajar Membuat Artikel 

Tidak sedikit orang yang merasa buntu ketika menulis. Alasannya karena “ tidak tahu mau nulis apa” atau “ah, tidak pandai”. Padahal tulis saja belum, tapi sudah menyerah. Apakah artikel bisa terjerat kasus hukum? untuk Anda yang ingin menulis menggunakan PC atau laptop, cobalah ikuti langkah sebagai berikut:


1. Bukalah aplikasi Microsoft word

2. Tentukan topik ingin Anda tulis.
Topik ini harus yang Anda kuasai untuk memudahkan Anda dalam menulis. Biasanya, untuk yang baru pertama kali menulis. Topik yang paling mudah adalah mengenai keluarga. Cobalah ambil salah satu dari keluarga Anda yang ingin dideskripsikan. Misalnya, Anda ingin memulai dengan mendeskripsikan ibu.

3. Setelah sudah menentukan topiknya yaitu Ibu. Coba perjelas lagi, jasa penulis artikel apa yang ingin Anda ceritakan tentang ibu. Misalnya, perjuangan ibu atau apa saja pengorbanan ibu dalam hidupku

4. Nah, jika sudah ada ide utama. Langsung saja Anda mendeskripsikan apa saja perjuangan ibu Anda sampai saat ini. Buatlah setulus mungkin, ibarat Anda akan menyampaikannya kepada Ibu sebagai surat terakhirnya.

5. Setelah itu, jangan lupa save tulisan Anda. Buatlah dalam bentuk pdf agar Anda tidak mengubahnya. Hal ini dimaksudkan untuk melihat perkembangan tulisan Anda. Cobalah buat lagi artikel mengenai ibu Anda, lalu save dan buatlah pdf lagi. Nanti, jika sudah punya 5 artikel yang bertema ibu, cobalah baca dari artikel pertama hingga kelima. Nanti pasti Anda akan temukan berbagai peningkatan.

6. Cara terakhir adalah membaca artikel orang lain. Cara ini bisa mempengaruhi gaya tulisan Anda. Mengasah kemampuan menulis tidak hanya terus-terusan menulis tanpa observasi tulisan orang lain. Anda juga perlu membandingkan milik Anda dengan milik orang lain.

Caranya cukup simpel bukan? Menulis itu sangatlah mudah. Terutama membuat artikel. Anda tidak harus membuat artikel yang ilmiah. Karena salah satu artikel ada yang jenisnya narasi yang menitik beratkan pada imajinasi si penulis.

Hal terberat dari menulis hanya malas mencoba dan berhenti di tengah jalan. Sekali mencoba membuat artikel bukan berarti hasilnya harus indah seperti tulisan orang lain. Semua butuh progress. Anda hanya perlu terus belajar dan melakukan 6 langkah seperti yang disebutkan di atas.

Untuk Anda yang tidak memiliki PC atau Laptop. Anda juga bisa belajar menulis secara manual. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah:

1. Siapkan buku khusus dan unik
Misalnya buku sampul hijau khusus untuk buku menulis yang temanya tentang alam. Buku sampul kuning untuk buku menulis yang temanya tentang aktivitas sehari – hari. Dan sebagainya. Melalui berbagai buku ini, Anda akan termotivasi dan tidak bosan. Karena Anda bisa memilih mau menulis tentang apa.
Biasanya, menulis itu membosankan, makanya diperlukan aspek lain yang dimungkinkan mendorong Anda, misalnya mengaitkan dengan berbagai gambar atau warna. Anda boleh sekaligus melukis buku Anda. Yang diharapkan pada step satu ini adalah Anda mulai menulis walaupun itu hanya satu paragraf saja.

2. Setelah Anda menulis, jangan lupa buat tanggal atau pukul berapa tulisan ini dibuat. Hal ini sebagai alat motivasi bagi Anda untuk tidak meninggalkan buku dalam waktu yang lama. Anda akan merasa harus menulis karena tidak ingin tanggal penulisannya berjauhan.

3. Sekilas, metode ini mirip dengan diary. Yap, bener. Bedanya, Anda punya berbagai diary dengan tema yang berbeda pula.

Asah dan galihlah terus semangat menulis Anda. Jangan tunggu sempurna, tapi belajarlah untuk menjadi sempurna. Mulailah dari bawah dan berjuanglah.

Salam semangat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar