Sabtu, 15 September 2018

Cara Membuat Artikel Persuasi Tentang Objek Wisata

Cara Membuat Artikel Persuasi Tentang Objek Wisata

Wisata alam Indonesia sangat beraneka ragam. Puluh ribuan pulau Indonesia menjadi salah satu daya tarik wisatawan lokal maupun interlokal. Namun, sayangnya masih sedikit dari pulau-pulau tersebut yang diketahui turis manca negara. Siapa yang salah? Bukan saatnya menyalahkan. Ada salah satu solusi yang bisa digunakan yakni mempromosikan wisata kita kepada mancanegara melalui tulisan.


Membuat artikel mengenai objek wisata tidak sulit kok. Anda hanya perlu cara mudah belajar membuat artikel menggali beberapa aspek yang ada lalu menarasikannya dalam bentuk tulisan. Berikut adalah cara menuliskan artikel persuasi tentang objek wisata:

1. Buat judul yang menarik traveller
Nah, buatlah judul yang kira-kira akan mengundang si pembaca terutama pembaca yang memang sedang berencana berlibur. 
Misalnya: “Tempat berlibur paling indah di Indonesia”, “Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi Wisatawan” dan sebagainya. Tapi, lagi-lagi ini hanya bisa dipahami oleh turis lokal saja. Buatlah artikel berbahasa inggris, misalnya “ The Most Beautiful Vacation Spot in Indonesia” atau “ Ten Spot that Must to Be Visitted in Indonesia”.

2. Buatlah isi artikel se-informatif mungkin dengan sedikit basa-basi. Untuk Anda yang mengusung tema objek wisata alam. Masukkanlah foto dari wisata beserta deskripsi lengkapnya. Carilah foto yang resolusinya bagus. Misalkan, Anda ingin mempromosikan Gunung Bromo, maka masukkan beberapa foto gunung bromo dari berbagai sisi. Ambillah spot foto yang indah untuk semakin meyakini pembaca bahwa tempat ini layak dikunjungi.

3. Tidak hanya itu, jika perlu, Anda tambahkan sedikit deskripsi tempat-tempat yang berdekatan dengan objek wisata tersebut. Misalkan, Anda juga mempromosikan berbagai wisata alam yang satu daerah dengan Gunung Bromo. Agar turis menganggap bahwa ini daerah yang pas untuk berlibur karena spot wisatanya banyak.

4. Selain itu, tambahkan juga informasi mengenai penginapan dan juga tempat makan. Berikan informasi terkait hotel apa saja yang berada di dekat Gunung Bromo, dan bagaimana akses transportasi terdekat dan termudah dari bandara hingga mencapai wisata Gunung Bromo. Semua itu harus Anda kupas, agar wisatawan tidak perlu mencari informasi di tempat lain lagi bagaimana caranya menuju ke Bromo karena semuanya sudah komplit di artikel Anda.

5. Setelah menjelaskan semuanya, barulah Anda bahas masalah berapa harganya. Masuk ke Gunung Bromo tentunya ada uang masuk. Jelaskan di artikel Anda berbagai pengeluaran yang harus disiapkan oleh wisatawan. Akan lebih baik lagi, jika Anda mengulasnya sekaligus dengan biaya penginapan dan juga biaya transportasi. 

Tidak sulit bukan? Anda hanya perlu menggabungkan berbagai informasi baik itu berbagai foto wisata, tempat penginapan, transportasi dan juga makanan. Tapi, hasilnya adalah tempat wisata Indonesia akan semakin dikenal dan berujung pada meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar (dari para mancanegara yang berbelanja). 

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah contoh artikel persuasif tentang objek wisata:

“Salah satu wisata alam yang terkenal di Indonesia adalah Pulau Sabang. Letaknya di ujung Sumatera yakni di Provinsi Aceh. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pulau Sabang, Anda harus melalui jalur laut. Tiket naik kapalnya sangat murah loh. Untuk penumpang ekonomi dewasa hanya dikenakan tariff Rp27.000 saja, sedangkan tiket paling mahalnya (eksekutif dewasa) hanya Rp60.000 saja. Tapi, untuk Anda yang ingin lebih cepat sampai, bisa memilih kapal cepat yang tarifnya hanya Rp100.000 (VIP). Ada berbagai wisata alam yang bisa Anda temui di luas 152,8 km 2 ini, Salah satunya adalah
Sumur Tiga Beach. Pantai ini sudah menjadi objek wisata terkemuka di kota Sabang, lihatlah panorama alam yang ditawarkan ditambah dengan lautan hijau yang terbentang sangat memanjakan mata Anda.

Tidak hanya pantai yang Indah, tempat wisata ini juga sudah dilengkapi resort yang nyaman dan disekelilingnyaada pohon kelapa. Sungguh tempat yang layak untuk waktu berlibur Anda. 
Nah, begitulah kira-kira contoh artikel persuasif untuk objek wisata, semoga informasi ini bermanfaat ya.

Semangat menulis!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar